AV-Aceh Singkil: Konflik buaya dan warga di Kabupaten Aceh Singkil terus berlanjut. Pasca tiga warga meninggal dunia akibat diserang buaya dalam tahun ini. Warga terus memburu buaya. Baru-baru ini warga kembali menangkap seekor buaya di rawa Singkil.

Setidaknya hingga saat ini sudah empat ekor buaya mati. Baru-baru ini dua ekor buaya yang sebelumnya ditangkap warga tewas dikandang setelah diserang buaya lainnya. Sedangkan dua lainnya mati setelah dieksekusi warga.

Jumadil Awal, salah seorang pawang buaya mengatakan, warga sudah berulang kali melaporkan dan meminta pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh untuk segera membawa buaya – buaya yang ditangkap warga.

Warga khawatir buaya tersebut stres dan saling memangsa. Apalagi kandang sementara yang dibangun warga sangat tidak memadai. Namun hingga saat ini belum ada tanggapan dari pemerintah.

Sementara itu, untuk biaya makanan buaya tersebut, warga berinisiatif membuka wisata lumbung buaya di Desa Siti Ambia. Dari dana yang terkumpul itulah warga membeli makanan buaya.(Jakartawan Adhie Nugraha)

BAGIKAN