AV – Pidie: Gubernur Aceh Zaini Abdullah memantau lokasi banjir di kawasan Kecamatan Padang Tijie, Kabupaten Pidie.

“Pak Gubernur bersama rombongan dalam perjalanan menuju lokasi banjir yang terjadi akibat tingginya intensitas hujan di daerah tersebut,” kata Karo Humas Setda Aceh, Frans Delian dihubungi di Banda Aceh, Rabu (27/1).

Ia menjelaskan rombongan akan menuju ke sejumlah lokasi banjir yang terjadi di kawasan Kabupaten Pidie.

“Untuk penanganan banjir dilakukan secara berjenjang yakni dari kabuparten/kota dan nantinya juga bisa dilakukan oleh provinsi sesuai dengan perkembangan,” katanya.

Frans mengatakan dalam kunjungan tersebut juga ikut Dinas Sosial Aceh yang nantinya juga akan menyalurkan bantuan tanggap darurat.

“Artinya, bantuan juga ada dibawa oleh tim reaksi cepat untuk penanganan banjir,” katanya.

Sebelumnya dilaporkan, satu unit rumah milik warga Gampong/desa Meunasah Kupula Tanjung, Kecamatan Padang Tijie, Kabupaten Pidie dilaporkan hanyut akibat banjir yang terjadi sekitar pukul 05.00 WIB di daerah setempat.

“Tingginya intensitas hujan dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan sejumlah sungai meluap dan ikut merendam lahan pertanian,” kata Kejron Cik (lembaga adat) Kecamatan Padang Tijie, Kabupaten Pidie, M Nasir kepada Antara di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan banjir yang terjadi di kawasan tersebut juga ikut merendam rumah warga.

“Banjir mengakibatkan lahan pertanian rusak berat,” katanya.

Nasir mengatakan bencana banjir yang terjadi di kawasan Padang Tijie, Kabupaten Pidie tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

Ia menambahkan ketinggian air di kawasan banjir tersebut sebagian mencapai sekitar satu meter. Bahkan, sebagian masyarakat di pemukiman Meurabo, Padang Tijie mengungsi akibat banjir. (sumber: antaranews.com)

BAGIKAN