AV-Banda Aceh: Begadang bukan hal yang asing bagi kita. Pergulatan akan efek negatif dan positif bagi kesehatan tidak mempengaruhi seseorang untuk tetap tejaga semalaman. Kadang memang kita ‘terpaksa’ harus begadang. Entah untuk menyelesaikan pekerjaan, pergi ke klab malam, bermain game, atau pun menonton bola. Apalagi sekarang sedang musim Liga Inggris atau Liga Champions mustahil rasanya melewatkan pertandingan tim favorit.

Kekurangan tidur akibat begadang dapat memicu perubahan hormonal yang meningkatkan nafsu makan. Biasanya begadang dibarengi dengan cemilan atau minum kopi agar mata tetap terjaga. Padahal menurut penelitan yang dilakukan oleh Medical Research Council, terlalu banyak mengonsumsi kopi dapat menurunkan jumlah sperma, lho. Hal ini disebabkan oleh kandungan phytoestrogen dengan tingkat tinggi yang ada pada kopi. Lalu, apakah kita tidak boleh begadang sama sekali? Tentu sesekali boleh. Begadang juga memilik efek positif. Para ahli dari Colorado Sleep and Chronobiology Laboratory menyatakan dalam penelitiannya bahwa begadang dapat membantu proses pembakaran kalori sebanyak 135 kalori. Jumlah tersebut sama dengan berjalan kaki sepanjang 3,2 kilometer.

Berikut 4 hal yang dapat dilakukan agar kegiatan begadang tetap sehat

1. Perbanyak Minum Air Putih

Saat begadang, tubuh cenderung kehilangan cairan. Untuk mengganti cairan tersebut, cukup dengan minum air putih yang terbukti lebih sehat bagi tubuh. Banyak manfaat yang akan didapat dengan meminum air putih. Berbeda dengan efek negatif kopi, air putih justru bermanfaat untuk meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria. Soda juga dapat menurunkan hampir 30 persen jumlah sperma bagi pria yang rutin minum minuman bersoda dibandingkan yang tidak. Jadi, sebisa mungkin hindari kopi atau soda.

2. Konsumsi Biji-Bijian

Pukul 23.00 malam sampai dengan 03.00 pagi adalah waktu bagi tubuh untuk melakukan proses de-toxin di bagian hati dan empedu. Namun, proses tersebut tidak dapat terjadi jika kita begadang karena tubuh masih terjaga. Sedangkan proses de-toxin harus dilakukan dengan kondisi tubuh yang tidur pulas. Kesehatan dapat tetap dijaga dengan mengonsumsi biji-bijian seperti kacang merah, kacang kuning, kacang hijau, jali, dan lainnya. Hindari makanan berminyak karena minyak dapat membungkus organ hati dan membuatnya tidak berfungsi.

3. Makan Sehat dan Teratur

Para peneliti dari Northwestern University Amerika Serikat melakukan penelitian mengenai kaitan antara pola tidur dan pola makan pada 52 orang dewasa. Lebih dari setengahnya memiliki jam tidur yang normal dan sisanya adalah mereka yang terbiasa tidur larut atau kurang tidur. Hasilnya, ditemukan bahwa orang yang tidur larut akan mengonsumsi kalori lebih banyak saat makan malam dan setelahnya. Makanan yang dikonsumsi pun kebanyakan adalah makanan cepat saji sehingga mereka mengonsumsi 248 kalori lebih banyak dari orang yang waktu tidurnya normal. Oleh karena itu, lebih baik kita pilih makanan yang sehat dan dengan waktu yang teratur. Adanya perubahan jam biologis pada tubuh juga dapat menyebabkan perubahan pada metabolisme dan selera makan. Walaupun Pizza terlihat lebih enak, sebaiknya tetap memilih untuk mengonsumsi sayuran hijau karena kandungan antioksidan dan serat alaminya dapat menjaga kesehatan serta melancarkan saluran pencernaan. Tidak mau badan ikutan melebar setelah begadang semalaman, kan? Kalau begitu, batasi diri sendiri dari godaan makanan cepat saji seperti Pizza atau makanan ringan lainnya.

4. Olahraga Sore

Begadang dapat membuat tubuh kelelahan karena kurang istirahat. Jam tidur pun akan menjadi berantakan. Terkadang susah mengembalikan pola tidur normal padahal sudah weekday dan kita harus kembali bangun pagi lagi. Selain meningkatkan daya tahan dan menjaga stamina tubuh, olahraga rutin juga dapat membantu mengembalikan jam tidur. Karena semalaman sudah begadang, tentu susah untuk bangun pagi dan melakukan olahraga. Hal ini bisa disiasati dengan memanfaatkan sore hari setelah bekerja atau beraktivitas. Berolahraga pada sore hari dapat membantu mengeluarkan energi sehingga tubuh cepat mengantuk. Kita bisa kembali tidur dengan lebih pulas dan bangun dalam kondisi lebih segar. Tubuh kembali bugar, jam tidur kembali teratur juga. Win-win solution, kan?

Tubuh kita tetap butuh beristirahat untuk mengembalikan energi yang telah terpakai seharian. Tapi kalau memang terpaksa harus begadang, pastikan untuk melakukan keempat hal diatas agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan? (tupperware.co.id)

BAGIKAN