AV-Subulussalam: Demi menjaga serta melestarikan budaya lokal yang ada di Kota Subulussalam, Provinsi Aceh. Sejumlah elemen masyarakat turut serta memeriahkan dan mengelar pesta adat dan buadaya. Pagelaran pesta adat ini diharapkan bisa menjadi edukasi bagi semua warga di Kota Subulussalam.

Pesta adat yang digelar dihalaman Pendopo Walikota Subulussalam berlangsung meriah. Ribuan warga tampak berbondong – bondong hadir serta memadati seluruh lokasi pesta adat ini.

Warga dari lima kecamatan yang ada se Kota Subulussalam, tampak antusias mengikuti prosesi acara pesta adat dari awal hingga puncak perayaan.

Wali Kota Subulussalam, Merah Sakti mengharapkan, pagelaran pesta budaya lokal dapat menjadi barometer bagi setiap perayaan pesta – pesta yang akan dirayakan bagi masing – masing kecamatan dan seluruh lapisan warga meski dengan sekala yang kecil.

Dengan harapan budaya lokal tetap terjaga kelestariannya dan tidak terkesan asal –asalan dan menyalahi prosesi serta ketentuan tahapan pelaksanaan pesta adat.

Selain menampilkan seni tari. Pesta kemeriahan pelestarian adat ini juga dimeriahkan dengan arak – arakan kendaraan roda empat yang sudah dihiasi dengan beragam model. Tradisi ini akrab disebut ‘Pelawat’ yang mengintari jalan utama Kota Subulussalam.(Erdian)

BERITA LAIN:

BAGIKAN