Usai kericuhan, Wali Kota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal bersama Kapolresta Banda Aceh Kombes T. Saladin memantau ruangan pelantikan.

AV-Banda Aceh: Sejumlah pemuda mengamuk dan mengacaukan pelantikan Ikatan Mahasiswa Pelajar Pidie Jaya periode 2016-2019 di ruang serbaguna Balai Kota Banda Aceh, Jumat malam (27/05).

Menurut Ketua Panitia Pelantikan Impija, Akmal, kericuhan terjadi saat sekelompok pemuda yang diduga berasal dari Kecamatan Meurah Dua dan Meuredu memaksa masuk ke dalam dan menghentikan pelantikan tersebut.

“Mereka tidak menerima keputusan mubes, karena tidak sesuai dengan keinginan mereka. Tadi, mereka memaksa masuk melalui pintu depan dan belakang mengacau, hingga acara terhenti,” katanya.

Menurutnya, belasan pemuda yang berasal dari kedua kecamatan itu tidak menerima hasil penetapan pengurus 2016/2019. Ia menilai, aksi yang dilakukan pemuda tersebut diluar perkiraan, sehingga tidak ada pengamanan yang dilakukan panitia acara.

Dari pantauan acehvideo, teriakan dan makian terdengar di ruangan tersebut. Bahkan sejumlah fasilitas di ruang Balai Kota Banda Aceh rusak.

Sedangkan, Walikota Banda Aceh, Illiza Saaduddin Djamal dan Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Muliadi yang hadir pada pelantikan harus diamankan ke ruangan lain.

Hingga saat ini, sejumlah aparat kepolisian disiagakan di lokasi. Bahkan, Kapolresta Banda Aceh Kombes T Saladin, turut hadir ke lokasi dan acara pelantikan terus berlanjut. (Ferdian)

BAGIKAN