Demo Di Lokasi Pembangunan Pabrik Semen Ricuh

0
Dok Acehvideo: Unjukrasa warga menuntut ganti rugi lahan pembangunan pabrik semen di Kabuapten Pidie pada 17 April 2016 lalu.

AV – Pidie: Demo menuntut ganti rugi lahan pembangunan pabrik semen PT. Semen Indonesia ricuh. Warga dari dua desa di Kabupaten Pidie itu membakar dan merusak sejumlah fasilitas proyek di lokasi pembangunan pabrik semen.

Warga dari Desa Kulee, Kecamatan Batee dan ‎Desa Cot, Kecamatan Muara Tiga Laweung, Kabupaten Pidie, sekitar pukul 10 pagi  mengamuk. Mereka menuntut pembayaran pembebasan lahan yang tidak kunjung direalisasikan oleh pihak ketiga yaitu PT. Samana Citra Agung.

Warga membakar satu mobil pickup bernomor polisi BL 8737 AF, merusak dereksi camp yang digunakan sebagai kantor.  Massa juga membakar tanki berisi minyak solar ukuran 16 ribu ton dan merusak dua pos jaga.

BERITA TERKAIT: Warga Batee Tuntut Ganti Rugi Lahan Pembangunan Pabrik Semen

Menurut Kapolres Pidie, AKBP Muhammad Ali Khadafi, warga yang sejumlah sekitar 400 orang itu melancarkan aksi demo anarkis dan mereka mengaitkan aksinya dengan proses pembebasan lahan untuk areal pembangunan pabrik semen di wilayah itu.

“Massa yang membakar fasilitas di lokasi pembangunan pabrik semen berjumlah 400 orang lebih. Fasilitas yang dibakar itu milik PT. Hase Alam yang melakukan pembersihan di lokasi proyek,” katanya.

Menurutnya, peristiwa itu tidak berlangsung lama. Setelah melakukan aksinya, mereka berhasil dibubarkan oleh pihak kepolisian dibantu TNI bersenjata lengkap.

Meski kondisi di lokasi mulai kondusif, dilaporkan sejumlah warga telah ditahan oleh pihak kepolisian terkait kerusuhan tersebut. (Ilham)

BAGIKAN