AV – Aceh Timur: Puluhan truk dan minibus angkutan umum di Kabupaten Aceh Timur mengikuti Uji Kelayakan Kendaraan atau KIR secara manual di kantor Perhubungan Aceh Timur, Rabu (2/8).

Petugas dinas perhubungan Aceh Timur, mengatakan uji KIR guna mengurangi terjadinya laka lantas khususnya pada angkutan umum.

“Guna meminimalisir angka kecelakaan. Selama di fungsikan, puluhan pengendara truk dan angkutan umum mulai membawa mobilnya untuk uji kelayakan,” katanya.

Sebelumnya, dinas perhubungan Aceh Timur hanya melakukan KIR dengan membawa buku KIR ke kantor di kawasan Peurelak. Kini pihaknya sudah mengadakan alat uji kendaraan. Sehingga tidak menyulitkan supir truk maupun angkutan umum untuk memeriksa kendaraan tersebut.

“Proses uji kelayakan kendaraan ini hanya butuh waktu 15 menit dan pihaknya juga masih membutuhkan beberapa alat pendukung lainnya,” sebutnya.

Sementara itu, salag seorang supir Muhammad Ali, mengakui ia tidak pernah melalukan KIR tanpa melihat fisik kendaraan, jika ingin melakukan KIR hanya menyerahkan buku KIR tersebut untuk diproses administrasi.

“Secara aturan memang tidak dibenarkan. Namun harus bagaimana lagi alat uji kendaraan saat itu di dinas perhubungan Aceh Timur belum ada,” tuturnya. (Said Maulana)

BAGIKAN