AV – Banda Aceh: Bentuk rasa kepedulian sesama, Bank Indonesia kerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Kota Banda Aceh menggelar donor darah bagi seluruh karyawannya, Rabu (9/8).

Kepala markas PMI Kota Banda Aceh, Azhari Amin mengatakan, sebagai penyelenggara kegiatan donor darah, secara rutin bekerjasama dengan organisasi sosial dan dilakukan secara berkala dengan sistem jemput bola ke pusat berkumpulnya calon pendonor.

“Kami siap jemput bola untuk kebutuhan stok darah di Banda Aceh. Kegiatan seperti rutin dilakukan. Bahkan, disejumlah kantor dan intansi kami datangi,” katanya.

Menurutnya, dalam kegiatan tersebut biasanya terkumpul 40 hingga 50 kantong darah. Sehingga antusias dan kesadaran masyarakat sangat berpengaruh dalam peningkatan dan ketersedian stok darah di Banda Aceh.

“Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk di simpan di bank darah, untuk kemudian dipakai pada transfusi darah bagi pasien yang membutuhkan. Kesadaran masyarakat Kota Banda Aceh untuk mendonorkan darah secara suka rela sudah terbilang cukup baik guna memenuhi 2 persen dari jumlah penduduk setempat,” pungkasnya.

Saat ini, UTD PMI Banda Aceh melayani 16 rumah sakit  di Banda Aceh dan Aceh Besar. Ia berharap kesadaran masyarakat Banda Aceh dan sekitarnya untuk dapat membantu unit transfusi darah agar stok darah selalu terjaga dan tersedia. (Nawafil)

BAGIKAN