Pelajar dari sejumlah tingkatan sekolah di Banda Aceh menampilkan seluruh pakaian adat nusantara, dari Aceh hingga Papua. Selain itu, peserta juga menampilkan pakaian-pakaian profesi wujud dari cita-cita yang ingin mereka gapai, Kamis (18/8) (Foto:acehvideo/Mulyadi)

AV – Banda Aceh: Meriahkan HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke 71, ribuan masyarakat Aceh padati jalan-jalan protokol di Kota Banda Aceh. Masyarakat di ujung sumatera yang sempat dilanda konflik puluhan tahun ini, kembali menyaksikan karnaval pakaian adat dan mobil hias nusantara yang mulai jarang diadakan di Aceh, Kamis (18/8).

Dalam karnaval ini, ribuan pelajar dari sejumlah tingkatan sekolah di Banda Aceh menampilkan seluruh pakaian adat nusantara, dari Aceh hingga Papua. Selain itu, peserta juga menampilkan pakaian-pakaian profesi wujud dari cita-cita yang ingin mereka gapai.

Tradisi tahunan ini, menjadi totonan langka di Aceh, ribuan warga memadati lokasi karnaval, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Mereka juga tak segan-segan memberi tepuk tangan kepada peserta pawai, terutama dengan pakaian-pakaian unik dan kreatif yang dipakai peserta karnaval.

Salah seorang warga, Nia Gusdiana mengaku terhibur dengan penampilan karnaval pakaian adat nusatara. Semangat dan kecintaan generasi penerus dalam menyambut hari kemerdekaan juga disambut antusias masyarakat Aceh.

Atraksi berburu ala Papua, juga ikut menambah keanekaragaman budaya dan tradisi masyarakat Indonesia dalam pawai karnaval ini. Selain itu, Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah, Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI L. Rudy Polandi dan Kapolda Aceh, Irjen Husein Hamidi juga turut menyaksikan karnaval di halaman pendopo Gubernur Aceh.(Ferdian)

BAGIKAN