AV – Banda Aceh: Memasuki hari Meugang yang merupakan tradisi masyarakat Aceh menyambut hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah, harga daging sapi di sejumlah pasar di Banda Aceh melambung tinggi hingga Rp160.000 perkilo. Kenaikan ini dinilai tidak sewajarnya, karena biasanya harga daging di Aceh hanya berkisa Rp100 ribu hingga Rp110 ribu perkilogram.

Harga daging sapi untuk kebutuhan meugang, Minggu (11/9) di Pasar Peunayong, Banda Aceh mencapai Rp150 ribu hingga Rp160 ribu per kilogram. Padahal harga daging di hari biasanya antara Rp100 ribu hingga Rp110 ribu perkilo. Kenaikan harga daging sapi ini sudah menjadi tren setiap perayaan meugang di Aceh.

Salah seorang pedagang, Mahmud menjelaskan kenaikan harga daging menjadi tren tahunan setiap meugang. Selain itu, melonjaknya harga daging karena pasokan yang tak mampu mengimbangi tingginya permintaan konsumen.

Kenaikan harga daging sapi yang berlebihan ini, cukup memberatkan masyarakat yang selalu merayakan tradisi Meugang. Warga Banda  Aceh terpaksa membeli daging sapi yang mahal ini karena harus memenuhi kebutuhan keluarga.  

[Baca juga: Harga Daging Sapi di Aceh Naik Rp140 Ribu Perkilo ]

Sementara itu, menyangkut dengan persediaan sapi stok daging di Kota Banda Aceh mencukupi.  Dimana persediaan hewan ternak, baik sapi maupun kerbau mencapai 350 ekor. Sedangkan unggas mencapai 16 ribu ekor. (Ferdian)

BAGIKAN