Teatrikal Kohler Hipnotis Penonton

0

AV- Banda Aceh: Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Nol unsyiah kembali menghidupkan sosok Kohler dalam bentuk adegan teater di Gedung Taman Budaya, Banda Aceh. Pemetasan teater bercerita perang agresi Belanda di Aceh itu mampu menghipnotis warga Banda Aceh

Pimpinan produksi, Lina Sundana mengaku, ingin membangkitkan kembali sejarah Aceh melalui tampilan seni tetrikal. Cerita tentang kematian Kohler sendiri, terinspirasi dari penebangan pohon Kohler yang berada di halaman Masjid Raya Baiturrahman. Sehingga generasi muda tidak lupa akan perjuangan rakyat Aceh dalam meraih kemerdekaan.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Aceh, Reza Pahlevi mengapresiasi kemampuan teater Nol Unsyiah dalam mengangkat kembali sejarah Aceh, serta mempromosikan salah satu karya seni teatrikal yang bersejarah di Aceh.

Ia juga mengharapkan agar pegiat seni dan komunitas terus meningkatkan kegiatan yang berkualitas di Aceh. Bahkan, pemerintah Aceh terus mendukung program positif yang dilakukan para pemuda.

Para pengunjung dan penikmat seni sangat antusias menyaksikan pemetasan teatrikal ini. Salah seorang pengunjung mengaku, kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat bagi kalangan muda khususnya. (Ferdian)

BAGIKAN