AV – Banda Aceh: Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menggelar sosialisasi pemungutan, perhitungan, rekapitulasi dan penetapan pasangan calon terpilih Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh pada Pilkada 2017.

Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi, Sabtu (11/2) di Banda Aceh mengatakan, sosialisasi tersebut penting dilakukan agar tim pemenangan bisa mengerti tahapan dari pencoblosan hingga penetapan calon gubernur. Bahkan pertemuan dengan timses dan Forkopimda itu bisa menghasilkan komitmen dalam mengawal proses pemilihan secara baik di Aceh.

“Semoga informasi yang didengar dan dapatkan hari ini bisa disampaikan kepada orang-orang yang tidak hadir di sosialisasi ini,” katanya.

Ia mengajak semua elemen masyarakat mengawal Pilkada 2017 supaya berjalan jujur dan adil guna menghasilkan pemimpin yang baik.

“Kawan semua punya andil untuk itu. Hadirkan saksi di TPS dan saksi itu harus memahami tugas mereka di sana. Saksi haruslah jujur,” jelasnya.

Pun demikian, agar stakeholder mengawal proses pemilihan. Setelah 15 Februari 2017 nanti, para kandidat kepala daerah, tim pemenangan dan pendukung, serta Panwaslih juga diharapkan mengawasi Pilkada hingga gubernur dilantik.

“Tanggung jawab kualitas demokrasi Pilkada di Aceh ini tidak hanya di KIP, tapi kita semua. Begitu juga paslon agar tidak kampanye saat masa tenang nanti dan alat peraga kampanye juga diturunkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Komisioner Bidang Teknis Penyelenggaraan KIP Aceh, Muhammad menjelaskan mengenai jadwal pencoblosan pada 15 Februari 2017 yaitu mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB. Ia juga menyampaikan kondisi dan alur TPS yang benar serta memberikan contoh TPS yang salah berdasar pengalaman Pilkada sebelumnya.

“Saksi-saksi juga perlu dijelaskan mekanisme pemilihan di hari H dan tata cara pencoblosan supaya mereka tahu agar tidak terjadi keributan,” sebutnya.

Berdasarkan pantauan, sosialisasi yang ditujukan kepada pasangan calon maupun tim suksesnya tersebut, hanya diikuti oleh tim pemenangan paslon nomor urut 1, Tarmizi A KariM-Machsalmina Ali dan tim pemenangan paslon nomor urut 6, Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah. (FA)

BAGIKAN