AV – Banda Aceh: Pesawat militer Amerika Serikat (AS) mendarat darurat di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh. Pesawat United States Air Force itu mendarat darurat sekira pukul 13.20 WIB setelah mengalami kerusakan pada bagian mesin.

Dalanut Sultan Iskandar Muda (SIM) Kolonel PnB Suliono, Jumat mengatakan pihaknya telah mendapatkan laporan jika ada peswat yang emergency dan mendarat di wilayah Aceh.

“Dalam penjalanan mereka kerusakan mesin pesawat engine 4 mati. Akhirnya mereka memanggil darurat ke Bandara SIM. Oleh karena itu, sebagai penanggungjawab kami harus membantu jika ada panggilan darurat dan mengizinkan mereka landing,” sebutnya.

Ia menambahkan, pesawat jenis boeing 707 dengan konsert tora 82 itu berniat ke Indonesia, akan tetapi karena emergency dan bandara terdekat ada di Aceh. Maka 20 penumpang anggota militer amerika itu mendarat darurat di Bandara SIM.

“Kami sudah mensiagakan pemadam kebakaran dan pesawat sudah landing aman. Sekarang pesawat menunggu spare karena engine satunya sudah terbakar. Jadi mereka terbang jika sudah memperbaikinya,” terangnya.

Hingga saat ini, pihaknya akan berkoodinasi dengan pihak imigrasi untuk proses pemeriksaan selanjutnya. Pun demikian, mereka juga akan melaporkan ke pihak kedutaan Amerika Serikat.

“Kami sudah sudah berkoordinasi dengan teman imigrasi sebagaimana aturan yang berlaku. Jadi mereka harus mengikuti aturan yang ada. Meraka dipastikan akan bermalam di Aceh,” tuturnya. (Mulyadi)

BAGIKAN