AV – Banda Aceh – Peran Imum Mukim sangat strategis dalam rangka memfasilitasi dan melakukan mediasi terhadap berbagai problematika yang terjadi dalam lingkup kemukiman. Eksistensi Imum Mukim saat ini sangat dibutuhkan dalam mengayomi gampong.

Begitu ungkap Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman pada acara pelantikan Azman Ramli sebagai Imum Mukim Baiturrahman, Selasa (1/8) di Masjid Besar Pahlawan, Gampong Peuniti.

Menurutnya, Imum Mukim merupakan unsur penyelenggara pemerintah yang juga pelaksana pembangunan, baik pembangunan ekonomi, fisik maupun pembangunan spiritual dalam aspek keagamaan dan sosial.

Ia merincikan sejumlah tugas dari seorang Imum Mukim di antara meningkatkan kegiatan keagamaan melalui pemakmuran masjid dan mushala, membina masyarakat dalam berbagai kegiatan sosial, termasuk menjadi teladan dalam menjaga dan memelihara kelestarian adat-istiadat dan budaya yang berkembang dalam masyarakat.

“Kami mengharapkan agar Imum Mukim yang baru dilantik dapat melakukan perbaikan dalam usaha mewujudkan pemerintahan yang berpihak kepada kesejahteraan masyarakat yang berbasis religiusitas,” katanya pada acara yang turut dihadiri oleh sejumlah anggota DPRK Banda Aceh tersebut.

Ia pun berharap ke depan mukim dapat kembali berjaya dan berdaulat sebagaimana yang pernah terjadi di masa lalu, di mana mukim adalah pemerintahan yang memiliki kewibawaan tinggi dengan segala perangkat yang dimiliki.  Jadi fungsi kepemimpinan adat dan sosial yang melekat di Imum Mukim, merupakan ruh sejati dari jabatan tersebut.

“Dilandasi semangat ‘Tapuwoe Keulayi Maruwah Bangsa’, atau membawa Banda Aceh meraih kembali kegemilangannya, mari kita perkuat kembali kelembagaan mukim, agar keistimewaan dan kewibawaan pemerintahan mukim serta keagungan hukum adat Aceh yang melekat di dalamnya, dapat kita wariskan hingga ke generasi selanjutnya,” katanya.

Untuk meraih cita-cita mulia tersebut, sambungnya, niscaya hanya bisa diwujudkan dengan kerja sama yang dilandasi oleh kesadaran dan rasa memiliki seluruh warga kota terhadap kelembagaan mukim. “Pimpinan daerah dan seluruh jajaran, akan memastikan untuk menjalankan komitmen memperkuat kembali kelembagaan mukim, hingga berdaulat dan berjaya kembali,” pungkasnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Azman Ramli sebagai Imum Mukim Baiturrahman dilakukan oleh Camat Baiturrahman M Rizal. Azman menjabat Imum Mukim Baiturrahman untuk periode 2017-2022 menggantikan Hasyem Is.

Sebelumnya di tempat yang sama, Ketua MAA Banda Aceh Sanusi Husen, Ketua Tuha Peut Gampong Peuniti, dan tokoh agama setempat mem-peusijuk Aminullah bersama istri serta Wakil Wali Kota Zainal Arifin yang dilantik pada 7 Juli 2017 silam sebagai pemimpin baru Banda Aceh. (Redaksi)

BAGIKAN