Polda Aceh Tangkap Admin Grup WA ‘G30 STM Bangkit’

0

AV-Banda Aceh: Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Aceh menangkap seorang mahasiswa yang diketahui membuat grup WhatsApp ‘G 30 STM Bangkit’, saat unjuk rasa mahasiswa besar-besaran yang terjadi di Jakarta dan sejumlah daerah lain di Indonesia baru-baru ini.

Pelaku berinisial MIK, 30 tahun, merupakan warga Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara. Ia juga tercatat sebagai mahasiswa di salah satu kampus di Aceh.

Direktur Kriminal Khusus Polda Aceh, Kombes Pol T Saladin, mengatakan, grup WhatsApp yang beranggotakan lintas provinsi itu, dimanfaatkan pelaku untuk menyebarkan konten-konten provokasi berkaitan dengan demo yang berakhir ricuh saat tolak RUU KUHP dan KPK pada 25 September 2019 lalu.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat pasal 45 A ayat 2 Jo pasal 28 ayat 2 undang-undang ITE dan pasal 15 undang-undang nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana dengan ancaman hukuman pidana 6 tahun penjara.

Selain membuat grup Whatsapp, pelaku juga diduga kerap menyebarkan postingan yang bermuatan provokatif di facebook yang berpotensi dapat membuat gaduh masyarakat. (MUL)

BAGIKAN