Gubernur Aceh Ajak Semua Pihak Terlibat Mitigasi Bencana

0

AV – Aceh Tengah: Pemerintah Aceh sangat berkomitmen dalam upaya-upaya mitigasi bencana di seluruh Aceh. Meski demikian, untuk mensosialisasikan langkah mitigasi secara luas, dibutuhkan keterlibatan semua pihak untuk bersinergi dan berkolaborasi.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, usai meresmikan Gudang Logistik Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Regional Aceh Tengah, Selasa (21/1/2020).

“Pemerintah tidak dapat bekerja sendiri dalam mensosialisasikan mitigasi bencana. Semua instansi, LSM dan masyarakat harus melibatkan diri pada upaya-upaya penanggulangan bencana. Upaya penanggulangan bencana harus dilakukan secara bersama, tidak ada yang namanya superman atau superhero, yang ada hanyalah supertim. Untuk itu, aparatur di kabupaten/kota dan di Pemerintah Aceh harus berkerja sebagai sebuah tim yang solid,” ujar Nova mengingatkan.

Menurut Nova, merujuk pada rekaman Gua Ek Lunthie, di Kecamatan Lhong Aceh Besar, menggambarkan dengan jelas bahwa bencana selalu berulang. Di gua tersebut terekam bahwa bencana tsunami besar, sudah terjadi beberapa kali di Aceh.

“Fenomena alam ini mengharuskan adanya langkah-langkah mitigasi bencana yang masif. Pembangunan gudang regional wilayah yang hari ini kita resmikan asalah salah satu contoh konkritnya, “ sambung Plt Gubernur.

Gudang Logistik Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) yang diresmikan Plt Gubernur Aceh terletak di Desa Pegasing, Kecamatan Pegasing, Aceh Tengah. Gudang logistik tersebut dibangun tahun 2019 dengan dana senilai Rp2 miliar. (Ngah/Fajri)

BAGIKAN