Jaksa di Banda Aceh Tahan PNS yang Terima Gaji Ganda Sejak 2006

0

AV-Banda Aceh: Kejaksaan Negeri Banda Aceh menahan Said Zaki Mubarak, seorangĀ  Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Provinsi Aceh yang menerima gaji ganda, Kamis (23/1/2020).

Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Banda Aceh, Iskandar, mengatakan, tersangka tercatat sebagai PNS di Pemkab Pidie dan Pemprov Aceh.

Kepala Ruang Paru, Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pidie itu, langsung ditahan setelah kasusnya dilimpahkan penyidik Polda Aceh ke Kejari Banda Aceh.

|Kepala Dinas di Bireuen Terlibat Kredit Fiktif

Seperti diketahui, Said Zaki Mubarak pada tahun 2005 lulus sebagai PNS di Dinas Kesehatan Pidie. Namun, pada tahun 2006, ia kembali mengikuti tes CPNS dan lulus di Dinas Perhubungan Provinsi Aceh.

“Saat mengikuti seleksi CPNS di pemerintah provinsi, tersangka memalsukan surat pernyataan tidak atau bukan sebagai PNS. Pada saat itu, seleksi CPNS belum seperti sekarang,” kata Iskandar.

Untuk mengakali bekerja di dua daerah, tersangka mengajukan izin tugas belajar belajar dari Pemkab Pidie dan masuk kerja di Dinas Perhubungan Aceh. Akhirnya status PNS ganda terbongkar, setelah ia tidak mampu menyelesaikan tugas belajarnya.

Akibat perbuatannya negara dirugikan mencapai Rp 375 juta lebih dari gaji yang diterimanya. Dari jumlah tersebut, tersangka mengembalikannya Rp 60 juta.

|Polresta Banda Aceh Tangkap Petugas PLN Bodong

Tersangka dijerat melanggar Pasal 2 juncto Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 yang diubah menjadi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. (Mul)

Berita Lain:

BAGIKAN