Polisi Tangkap Pemilik Akun Facebook yang Tuduh Plt Gubernur Aceh Antek PKI

0
Pelaku ujaran kebencian, RA (tengah) ditangkap setelah kabur ke Kabupaten Aceh Barat, Kamis (18/6/2020). (Foto/RL)

AV-Pidie Jaya: Polres Pidie Jaya membekuk seorang warga pelaku ujaran kebencian di media sosial Facebook. Tersangka berinisial RA, warga Kecamatan Trieng Gadeng, Kabupaten Pidie Jaya ditangkap di Kabupaten Aceh Barat, Kamis (18/6/2020).

Kapolres Pidie Jaya AKBP Musbagh Ni’am mengatakan, tersangka RA menjadi target penangkapan setelah memposting ujaran kebencian terhadap Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di akun facebook Abu Malaya. Tersangka menuduh Plt Gubernur Aceh sebagai antek Partai Komunis Indonesia (PKI).

“Dia (pelaku) sudah melarikan diri sejak Jumat (12/6). Setelah kita deteksi keberadaan pelaku ada di Aceh Barat. Kita bergerak untuk menangkap pelaku. Pelaku telah memposting konten yang mengandung unsur SARA di akun Facebook Abu Malaya yang menyatakan Plt Gubernur terkait dengan organisasi terlarang (PKI),” kata Musbagh Ni’am.

Dari hasil penyelidikan diketahui akun Facebook Abu Malaya dikelola oleh tersangka RA. Sejauh ini polisi terus memburu para pelaku lain yang ikut menyebarkan postingan ujaran kebencian di media sosial.

Akibat postingannya di media sosial, pelaku akan dijerat Pasal 28 Ayat 2 Jo Pasal 45A Ayat 2 Undang-Undang ITE dengan ancaman hukuman lima tahun kurungan penjara.

Sebelumnya, seorang warga Banda Aceh, Zulkarnain melaporkan sejumlah akun media sosial Facebook ke Polda Aceh, terkait dugaan penghinaan dan penyebaran ujaran kebencian yang menuduh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah sebagai antek-antek PKI di Aceh. (RL)

BAGIKAN