Cegah Virus Corona, RSUDZA Tiadakan Jam Besuk Pasien

0
Warga melintas disamping pamflet pengumuman tiadakan jam berkunjung di RSUD-ZA (Foto/RL).

AV-Banda Aceh: Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh, meniadakan jam berkunjung pasien yang sedang dirawat di Rumah Sakit tersebut.

Rumah Sakit kini memberlakukan aturan setiap pasien yang menjalani rawat inap ditemani oleh satu orang pendamping (keluarga). Peraturan tersebut sesuai dengan surat edaran (SE) Direktur RSUZA No 443.1/ 03996/ 2020.

Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona yang terus meningkat tajam di Provinsi Aceh dalam dua pekan terakhir.

Direktur RSUDZA Azharuddin mengatakan, dalam kondisi saat ini penting untuk mengikuti protokol kesehatan, seperti membatasi orang berkunjung pasien yang sedang dirawat di rumah Sakit.

“Virus itu dia bermain, jika ada yang terinfeksi kemudian ada kerumunan orang maka sangat mudah untuk masuk. Maka kita perlu menjaganya sehingga di tiadakan jam besuk pasien untuk sementara waktu,” kata Azharuddin, Senin (29/6/2020).

Azharuddin menambahkan, selama ini masyarakat banyak yang salah mengartikan istilah new normal. Menurutnya new normal merupakan jangka panjang yang tidak bisa diprediksi, bisa jadi setahun maupun hingga tiga tahun.

Masyarakat di tengah pandemi saat ini, harus lebih patuh terhadap protokoler kesehatan dalam fase new normal. New normal bukan berarti sudah bebas dari virus corona, sehingga mengabaikan masker, tidak menjaga jarak, dan lain sebagainya.

“New normal bukan berarti sudah bebas seperti sebelum virus corona merebak di Aceh, tapi new normal harus lebih patuh dan menjaga diri dengan mengikuti protokoler kesehatan yang telah ditentukan,” ujarnya.

Azharuddin berharap masyarakat Aceh dapat mengikuti protokoler kesehatan dengan baik. Ia yakin bahwa hal tersebut bisa dilakukan oleh masyarakat seperti mencuci tangan, pakai masker, dan jaga jarak. (RL)

BAGIKAN