Hujan Es dan Angin Puting Beliung, Enam Rumah Warga Rusak

0
Warga yang terkena dampak angin puting beliung di Kabupaten Bener Meriah, Aceh, memindahkan barang dari rumah, Selasa (30/6/2020) (Foto/ZK).

AV-Bener Meriah: Fenomena alam hujan es disertai angin puting beliung melanda kawasan Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh pada Selasa (30/6/2020) sore. Dalam peristiwa tersebut tiga Desa terkena dampak hingga merusak sejumlah rumah warga.

Diketahui sedikitnya enam rumah warga mengalami rusak,  yaitu tiga rumah berada di Desa Burni Telong, kemudian dua rumah di Desa Jamur Ujung, dan satu rumah di Desa Wih Pesam.

Kerusakan ini terjadi pada atap rumah yang dibawa terbang angin kencang. Namun dalam peristiwa ini tidak menimbulkan korban jiwa, meskipun warga sempat panik dan takut.

Salah seorang warga setempat, Ratna, mengatakan, sebelum terjadi angin puting beliung kondisi cuaca terlihat awan hitam pekat. Kemudian terjadi hujan es dan disusul angin puting beliung yang meporak-poranda rumah mereka.

“Awalnya memang sudah terlihat kondisi cuaca dan langit mendung sebelum hujan es. Kemudian baru terjadi angin puting beliung,” kata Ratna.

Menurutnya saat kejadian warga sempat panik dan mencoba menyelamatkan diri. Angin puting beliung dengan cepat menerjang sejumlah atap rumah warga hingga dibawa angin beberapa meter dari lokasi kejadian. Saat ini warga yang terkena dampak mulai mengungsi sementara ke tempat yang aman.

“Untuk sementara kami pindah ke rumah saudara, dikarenakan kondisi rumah dalam keadaan tanpa atap. Kejadian ini sangat mengejutkan kami,” ujarnya.

Diketahui kawasan Wih Pesam bukan pertama kali dilanda angin puting beliung. Kawasan tersebut sudah sering terekena bencana alam angin puting beliung. (ZK)

BAGIKAN