Gajah Ditemukan Mati Terjerat Kawat Listrik

0
Gajah mati diduga akibat terjerat kawat beraliran listrik di Kabupaten Pidie, Rabu (9/9/2020). (Foto/Rudi Loca)

AV-Pidie: Seekor gajah liar jantan ditemukan mati di kebun warga Kecamata Mila, Kabupaten Pidie, Aceh pada Rabu, (9/09/2020). Peristiwa tersebut diketahui sekitar pukul 10.50 WIB saat warga pergi ke kebun di kawasan Gle Cut, Desa Tuha Lala.

Kematian satwa dilindungi itu telah dilaporkan oleh pihak CRU Mila kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh.

Petugas Conservation Response Unit (CRU) Mila, Kausar, Mengatakan, gajah sumatera jantan yang mati di kebun warga akibat terjerat kawat yang dipasang warga untuk menghalau babi.

“Hasil pengamatan kita dilokasi, memang ada bekas luka di kaki kanan. Kita lihat ada kawat arus listrik yang dipasang warga untuk antisipasi gangguan hama babi,” kata Kausar.

Video: Gajah Mati Terjerat Kawat Beraliran Listrik

Saat ini bangkai gajah sudah dijaga oleh petugas CRU Mila untuk mengamankan gading. Sementara petugas BKSDA Aceh dalam perjalanan ke lokasi untuk mengidentifikasi terkait kematian gajah liar tersebut.

Kausar menambahkan, saat ini kawanan gajah liar masih berkeliaran di seputaran kebun warga. Pihaknya sudah seminggu terakhir bersama masyrakat setempat dan unsur muspika mencoba menghalau gajah liar agar kembali ke hutan. (RL)

BAGIKAN