Siap-Siap Pelanggar Prokes di Pijay Dikenakan Denda

0

AV- Pidie Jaya: Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya dalam waktu dekat akan mengeluarkan peraturan Bupati (Perbub), terkait penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 serta sanksi bagi masyarakat yang melanggar.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Pidie Jaya, Okta Handipa, Kamis (10/09/2020) mengatakan, rancangan Perbup yang sudah disusun oleh Pemkab Pidie Jaya sudah dilakukan konsultasi dengan Biro Hukum Pemerintah Provinsi Aceh.

Nantinya apabila rancangan Perbup tersebut telah selesai dan rampung, maka langsung disahkan oleh Bupati Pidie Jaya, untuk dijalankan peraturan tersebut guna mencegah penyebaran wabah virus corona di daerah setempat.

Namun meski demikian, pihak Pemkab sebelum menerapkan peraturan yang sudah dirancang, nantinya juga akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu sebelum diberikan sanksi bagi pelanggar.

“Hasil konsultasi dengan Biro Hukum Pemprov Aceh, rancangan Perbup telah diperiksa dan masih ada rekomendasi perbaikan. Namun hal itu secepatnya kita perbaiki dan akan selesaikan dalam waktu dekat,” kata Okta.

Menurut Okta, untuk pendisiplinan protokol kesehatan di Kabupaten Pidie Jaya membutuhkan Perbup. Ditargetkan minggu depan Perbup sudah disahkan oleh Bupati, sehingga pihak Muspida maupun pihak terkait lainnya dapat melakukan pendisiplinan dengan cara tegas.

“Intinya dalam Perbup tersebut mengatur tentang pendisiplinan penerapan protokol kesehatan, baik perorangan maupun pelaku usaha. Semua orang harus menggunakan masker, apabila melanggar akan diberikan teguran sampai dengan sanksi denda,” ujarnya.

Kemudian apabila Perbup telah disahkan, semua pelaku usaha seperti warung kopi harus menyiapkan tempat cuci tangan dan menempatkan tempat duduk pelanggan sesuai Prokes.

Hal tersebut untuk menghindari terjadinya kerumunan masyarakat. Namun apabila peraturan tersebut tidak diindahkan oleh pemilik warung maka sanksinya izin usaha dicabut. (ILHAM)

BAGIKAN