Disnaker Kota Berhasil Mediasi Pekerja PT. Yamaha Alfa Scorpii

0
Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Badrun mengatakan pihaknya telah berhasil melakukan mediasi perselisihan hubungan industrial antara pekerja dengan pimpinan PT. Yamaha Alfa Scorpii, pada Senin (5/10/2020) di kantor Disnaker. (Foto/ Ist)

AV – Banda Aceh:  Pemerintah Kota Banda Aceh turut berupaya dalam membangun komunikasi yang baik antara perusahaan dengan pekerjanya di Banda Aceh.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Banda Aceh, Mairul Hazami melalui Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Badrun mengatakan pihaknya telah berhasil melakukan mediasi perselisihan hubungan industrial antara pekerja dengan pimpinan PT. Yamaha Alfa Scorpii, pada Senin (5/10/2020) di kantor Disnaker.

“Perselisihan ini selesai hanya dengan satu kali mediasi bersama,” kata Badrun.

Baca Juga: Kecamatan Kuta Alam Sukses Tuntaskan Seluruh Penyaluran BLT-DD Tahap VI

Badrun mengatakan, perselisihan yang diadukan oleh pekerja tentang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak oleh perusahan.

“Pekerja saudara Nurnunis melaporkan bahwa dirinya telah diPHK sepihak oleh pengusaha sehingga pekerja melaporkan ke  kita dan kita melakukan mediasi,” kata Badrun.

Pada mediasi tersebut, kata Badrun pihaknya berhasil memediasi perselisihan itu dengan pembayaran uang pesangon oleh pimpinan perusahaan sebesar Rp45 juta kepada pekerja yang diPHK tersebut.

“Penyelesaian tersebut  ditandatangani oleh pimpinan perusahaan PT. Yamaha Alfa Scorpii yang diwakili oleh saudara Ilham dengan disaksikan oleh Mediator Disnaker Teuku Hamdan,” kata Badrun.

Badrun berharap jika ada perusahaan dengan pekerja memiliki perselisihan agar dapat  menyelesaikan terlebih dahulu di perusahaan masing-masing supaya masalah tersebut tidak mencuat keluar.

“Minimal ada langkah-langkah penyelesaian terlebih dahulu yang diselesaikan sehingga perusahaan dan pekerja kompak dalam perusahaannya, jika tidak mampu diselesaikan secara internal baru kita bantu selesaikan,” harap Badrun.(RIL)

BAGIKAN