Video: Terinfeksi Virus Flu Burung, Puluhan Ayam Jago Thailand Disuntik Mati

0

AV-Banda Aceh: Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Aceh bersama Stasiun Pertanian Kelas I Banda Aceh memusnahkan 89 ekor ayam selundupan dari Thailand, Selasa (9/2/2021).

Ayam yang ditaksir senilai Rp 2 miliar tersebut, dimusnahkan dengan cara disuntik mati, lalu dibakar di tempat khusus. Ayam Bangkok  itu, dimusnahkan karena positif terjangkit virus flu burung.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Aceh Safuadi mengatakan, ayam-ayam itu sebelumnya disita dari sebuah kapal tanpa nama ataupun bendera di perairan ujung Kabupaten Aceh Tamiang.

Sementara itu,  Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas 1 Banda Aceh, Ibrahim menambahkan, keberadaan virus flu burung pada ayam ilegal dari Thailand itu, telah dilakukan pengujian sampel sel darah. Hasilnya terbukti ayam tersebut positif avian influenza.

Selain puluhan ekor ayam, juga terdapat tiga ekor kura-kura kuning asal Thailand. Kura-kura tersebut tidak dimusnahkan karena hasil pemeriksaan tidak membawa virus.

Nantinya, kura-kura selundupan itu akan diserahkan ke lembaga khusus yang menangani satwa seperti BKSDA atau Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala. (Red)

BAGIKAN