Antisipasi Mutasi Covid-19, Dinkes Aceh Kirim Sampel ke Balitbangkes RI

Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanif.

AV-Banda Aceh: Dinas Kesehatan Aceh telah mengirimkan sebanyak 20 sampel virus Covid-19 ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI.

Pengiriman sampel tersebut untuk memantau strain mutasi Covid-19, yang selama ini disinyalir mulai muncul dengan tingkat penularan dan daya tahan yang lebih tinggi.

Baca Juga: Mulai 18 Mei, Masuk Wilayah Aceh Wajib Bawa Surat Bebas Covid-19

“Di beberapa negara seperti India dan Inggris serta beberapa negara lain, telah ditemukan mutasi dari virus covid-19. Untuk mengantisipasi hal tersebut, beberapa waktu lalu (Senin, 10/5) kami telah sampaikan ke Pak Gubernur untuk mengirim sampel ke Balitbangkes Kemenkes di Jakarta,” kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif, usai mengikuti rapat bersama Sekda Aceh, Taqwallah, di Meuligoe Gubernur Aceh, Jumat (14/5/2021).

Baca Juga: Video: Munawar A Djalil Minta Pemerintah Tegas Soal Sabu & Judi Online di Aceh

Menurut Hanif, sampel spesimen yang kirim itu berasal dari kasus dengan kriteria penularan yang cepat di masyarakat atau lokasi tertentu, mulai menginfeksi kelompok yang sebelumnya tidak rentan (anak-anak), orang sudah divaksin tapi terinfeksi, penyintas terinfeksi kembali dan kematian dengan komorbid penyakit menular lain (HIV, TB, dan lainnya).

“Jadi, spesimen yang kita kirimkan adalah spesimen yang baru kita ambil,” imbuh Hanif. (*)

Berita Lain: