RSUDZA Rawat 76 Pasien Positif Covid-19

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani.

AV-Banda Aceh: Sebanyak 76 pasien positif Covid-19 menjalani perawatan di rumah sakit rujukan Covid-19 RSUD Zainoel Abidin, Banda Aceh. Tingginya jumlah pasien, mengakibatkan kondisi rumah sakit itu nyaris penuh.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani mengatakan jumlah pasien yang dirawat tersebut telah melampaui puncak kurva pada tahun lalu.

Baca Juga: Antisipasi Mutasi Covid-19, Dinkes Aceh Kirim Sampel ke Balitbangkes RI

“Informasi Wakil Direktur SDM di RSUDZA, dr Arifatul Khorida, waktu kami berkunjung kemarin, puncak pasien Covid-19 tahun lalu sebanyak 75 orang. Artinya jumlah yang dirawat saat ini melampaui puncak kurva itu,” sebut Saifullah Abdulgani, Jumat (14/5/2021).

Menurutnya, tempat tidur yang tersedia untuk perawatan pasien Covid-19 di RSUDZA Banda Aceh sudah terisi sekitar 62,96 persen dari total 108 bed perawatan yang tersedia.

Di Ruang RICU (Respiratory Intesive Care Unit) tersedia 12 tempat tidur dan delapan di antaranya sudah terisi pasien Covid-19. Di ruang RHCU (Respiratory High Care Unit) tersedia 20 tempat tidur dan sudah terisi 16 pasien.

Baca Juga: Mulai 18 Mei, Masuk Wilayah Aceh Wajib Bawa Surat Bebas Covid-19

Sementara di Ruang Rawat PINERE 1 sudah terisi penuh dari 15 tempat yang tersedia. Ruang PINERE IV sudah terisi empat pasien dari 11 tempat tidur yang ada di sana. Sedangkan di Ruang Isolasi PINERE sudah diisi 33 pasien dari 50 tempat tidur yang disediakan.

“Kondisi dan kapasitas rumah sakit rujukan utama tersebut hendaknya menjadi alarm bagi manajemen RSUD kabupaten/kota agar makin meningkatkan selektifitas rujukan ke RSUDZA, dan juga mengoptimasi ruang perawatan yang dimilikinya,” katanya.

Kasus Akumulatif

Hingga per 14 Mei 2021. Jumlah kasus Covid-19 secara akumulatif telah mencapai 11.157 kasus/orang. Para penyintas, yang sembuh dari Covid-19 sebanyak 10.223 orang. Pasien masih dirawat 1.444 orang, dan penderita yang meninggal dunia sudah mencapai 490 orang.

Baca Juga: Video: Pengunjung Warkop di Banda Aceh Dites Covid-19

Terdapat penambahan lima kasus konfirmasi baru Covid-19 selama waktu 24 jam terakhir, pasien yang sembuh sebanyak 18 orang, dan tiga orang yang dilaporkan meninggal dunia. (*)

Berita Lain: