Perangkat Desa di Aceh Barat Daya Divaksin Covid-19

Perangkat desa di Aceh Barat Daya, Aceh mendapatkan vaksin Covid-19. (Foto: Faizi)

AV-Aceh Barat Daya: Ratusan aparatur desa se Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama. Selain aparatur desa, vaksinasi juga diprioritaskan bagi warga lanjut usia (Lansia).

Vaksinasi berlangsung di Markas Kodim Aceh Barat Daya di Desa Keude Paya, Kecamatan Blang Pidie, Kamis (3/6/2021).

Baca juga: Video: FKSDL Bahas Rancangan Perwal Kampung Iklim

Sebanyak 304 kepala desa dan sekdes dari 152 desa, hanya 212 orang yang berhasil divaksin oleh tim vaksinator dari dinas kesehatan setempat, sisanya masih ditunda, karena berbagai alasan, termasuk mereka yang memiliki penyakit bawaan.

Kasie Surveilans dan Imunisasi, Dinas Kesehatan Aceh Barat Daya, Mansur, mengatakan, sebelum divaksin seluruh calon penerima vaksin akan dicek kondisi kesehatan oleh tim vaksinator baik suhu tubuh, tekanan darah serta riwayat peyakit lainnya.

“Hari ini kita fokusnya untuk lansia dan perangkat desa. Totalnya ada sekitar 304 orang. Tadi ada beberapa orang yang ditunda, tidak bisa divaksin,” kata Mansur.

Baca juga: Pemerintah Resmi Tidak Memberangkatkan Haji Tahun 2021

Bagi kepala desa dan sekdes yang telah menerima vaksin dosis pertama, mereka nantinya akan menerima suntikan dosis kedua pada 28 hari ke depan.

Meskipun sudah menerima vaksin, petugas meminta kepada seluruh kepala desa dan sekdes untuk tetap menaati protokol kesehatan Covid-19, seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. (FZ)

Berita lain: