Terpapar Covid-19, Warga Samarinda Meninggal di Aceh

0
Pemakaman jenazah almarhum TAP, warga Samarinda di Aceh Barat Daya. Foto: (Faizi)

AV-Aceh Barat Daya: Seorang warga Samarinda, Provinsi Kalimatan Timur meninggal dunia di Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh setelah dinyatakan positif Covid-19, Senin (7/6/2021).

Sebelum meninggal dunia, almarhum berinisial TAP, sempat dirawat di ruang isolasi khusus Covid-19, Rumah Sakit Umum Teungku Peukan, Blang Pidie selama lima hari.

Almarhum dikebumikan di tempat pemakaman umum Desa Padang Baru, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya, berdasarkan hasil musyarawah keluarga besar almarhum.

Baca juga: Empat Hari, Vaksinasi Massal di Banda Aceh Capai 2.443 Orang

TAP yang baru sembilan bulan bekerja di salah satu perusahaan kelapa sawit di Kabupaten Aceh Barat Daya, sempat pulang ke kampung halaman pada lebaran Idul Fitri 1442 H untuk bertemu istri dan anak-anaknya.

“Saya tahu almarhum meninggal tadi pagi. Saya kaget, saya bilang salah sambung, karena sebelumnya pihak rumah tidak menghubungi saya. Kemudian saya hubungi pimpinan tempat suami saya berkerja. Saat itu saya dalam perjalanan ke Aceh,” kata Nismayati, istri almarhum usai pemakaman.

Menurut istri almarhum, suaminya saat pulang ke Samarinda memang dalam keadaan kurang sehat.

“Bapak memiliki riwayat ispa dan batuk-batuk, mungkin karena dalam kondisi masih dalam keadaan puasa. Setelah lebaran almarhum balik lagi ke Aceh karena mulai masuk  kerja,” tambahnya.

Baca juga: Kasus Covid Bertambah 206 Orang, Vaksinasi Terus Bergulir

Setiba di Aceh, kondisi kesehatan almarhum semakin memburuk. Ia kemudian dirawat di rumah sakit dan dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Almarhum dikebumikan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Proses pemakaman hanya disaksaikan oleh istri almarhum. Sementara anak-anak dan keluarga besarnya masih berada di Samarinda, Kalimatan Timur.

Baca juga: Covid-19 Belum Mereda, Sembilan Warga Aceh Meninggal Dunia

Sementara itu, berdasarkan Data Covid-19 Pemerintah Aceh, 7 Juni 2021, kasus Covid-19 telah mencapai 16.195 kasus/orang. Rinciannya, para penyintas, yang sudah sembuh dari Covid-19, sebanyak 12.428 orang. Penderita yang sedang dirawat 3.139 orang, dan kasus meninggal dunia secara akumulatif sudah mencapai 628 orang. (FZ)

Berita lain: