Pawang Gajah Luka Serius Diserang Gajah Liar

Rizky, asisten pawang gajah mendapatkan perawatan medis di RSUD Cut Meutia akibat diserang gajah liar di lokasi CRU Cot Girek, Aceh Utara, Selasa (15/6). Foto: (Slamet Abdullah)

AV-Aceh Utara: Seorang asisten pawang gajah mengalami luka serius akibat diserang gajah liar di kawasan Conservation Respon Unit (CRU) Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.

Korban yang bernama Rizky (25), diserang gajah liar pada Selasa pagi (15/6), saat memindahkan gajah jinak di Dusun Alue Buloh, yang merupakan lokasi konservasi gajah.

Baca Juga: Video: Polisi Tahan Petani yang Terlibat Pembunuhan Gajah Liar di Aceh

Akibat insiden tersebut, korban harus dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Cut Meutia Aceh Utara untuk mendapatkan perawatan intensif akibat tertusuk gading gajah di bagian lengan kanannya dan sejumlah luka lain dibagian tubuhnya.

Kepala Resort Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Utara, Nurdin, mengatakan, korban setiap pagi beraktivitas memindahkan gajah jinak yang kebutalan bertugas sebagai asisten pawang.

Baca Juga: Diinjak Gajah Liar, Seorang Warga Pidie Terbaring di Rumah Sakit

Saat korban hendak melepaskan rantai gajah jinak, tiba-tiba dari arah belakang gajah liar menyerang dengan cepat.

“Aktivitas mereka setiap pagi memindahkan gajah jinak, Rizky ini asisten pawang. Saat membuka rantai gajah jinak, tiba-tiba datang gajah liar. Kejadiannya di kawasan CRU Cot Girek. Luka di tangannya tertusuk gading. Alhamdulillah tidak mengenai tulang, ” jelas Nurdin.

Baca Juga: BKSDA-FKL Pasang 3 Unit GPS Collar Pada Gajah Liar di Aceh

Menurut Nurdin, di lokasi tersebut sengaja ditempatkan gajah jinak untuk menghalau kawanan gajah liar yang turun ke permukiman warga.

Saat ini sejumlah kawanan gajah liar mulai turun ke permukiman warga di kawasan Kabupaten Aceh Utara. Untuk mencegah konflik gajah dengan manusia, gajah jinak mulai diturunkan ke kawasan itu untuk menghalau gajah liar agar kembali ke hutan.

Baca Juga: Video: Gajah Mati Terjerat Kawat Beraliran Listrik

Tingginya kasus konflik gajah dengan manusia akhir-akhir ini dipucu akibat pembukaan lahan secara besar besaran di Provinsi Aceh yang mengakibatkan habitat gajah terganggu. (AD)

Berita Lain: