Kadin Aceh Dukung Polri Berantas Premanisme dan Pungli

Muhammad Mada, Plh Ketua Kadin Aceh

AV-Banda Aceh: Plh Ketua Umum Kadin Aceh, Muhammad Mada, mendukung langkah tegas Kapolda dalam memberantas aksi premanisme dan pungutan liar (Pungli), terutama dilakukan pada pusat-pusat perekonomian masyarakat, seperti pasar, pelabuhan dan terminal.

Hal tersebut dikatakan Muhammad Mada, menyikapi telegram Kapolri yang meminta agar seluruh Kapolda di tanah air, melakukan penanganan dan pemberantasan praktik premanisme dan pungli.

Dalam keterangan tertulisnya, Kamis (17/6/2021), Muhammad Mada menerangkan, aksi premanisme dan pungli yang terjadi di sejumlah pusat perekomian, sangat menggangu iklim usaha dan investasi.

Sebab, katanya lagi, hal itu dapat menyebabkan ekonomi biaya tinggi dikarenakan adanya pengeluaran lain yang dikeluarkan para pebisnis terkait dengan pungutan liar.

Praktik Pungli, katanya, juga menyebabkan keengganan banyak investor dan para penanam modal untuk berinvestasi di Aceh.

“Harapan kita, dengan kegiatan pemberantasan premanisme dan pungli itu, pihaknya mengharapkan akan tercipta kondusivitas di daerah, yang bermuara pada sejuknya iklim dunia usaha,” harapnya.

Dan yang paling utama, hal tersebut dapat menekan ekonomi biaya tinggi yang selama ini kerap terjadi akibat praktik premanisme dan pungli, pungkasnya. (*/HS)

Berita Lain: