Polisi Tangkap Tujuh Pelaku Pungli di Pasar Inpres Lhokseumawe

Tujuh pelaku pungli di Pasar Inpres Lhokseumawe dihadirkan dalam konfrensi pers Polres Lhokseumawe, Senin (21/6/2021). Foto: (Slamet Abdullah)

AV-Lhokseumawe: Tim sapu bersih pungutan liar atau saber pungli Polres Lhokseumawe, menangkap tujuh pelaku pungli di kawasan Pasar Inpres, Kecamatan Banda Sakti.

Ketujuh pelaku  masing-masing, FS (41), SF (25), MN (35),  RB (41), RA (39), MH (57) dan SR (56).  Selain menagkap tujuh pelaku pungli, petugas juga menyita sejumlah barang bukti berupa kwitansi dan stempel.

Waka Polres Lhokseumawe, Kompol Raja Gunawan, mengatakan, pelaku menggunakan modus berdalih mengutip uang bongkar muat truk barang dan memberikan kwitansi yang sudah distempel yang mengatasnamakan kelompok serikat pekerja.

“Mereka mengutip  kisaran Rp10 ribu hingga hingga Rp20 ribu per angkutan,” sebut Waka Polres dalam keterangan pers, Senin (21/6/2021).

Berdasarkan hasil penyelidikan awal, para pelaku mengaku baru sekali melakukan pengutipan biaya tersebut. Namun berdasarkan informasi dari masyarakat, mereka sudah ada sejak beberapa tahun silam.

“Ketujuh pelaku akan dilakukan pembinaan, agar tidak mengulangi perbuatan yang menyebabkan keresahan di kalangan jasa angkutan, serta masyarakat lain,” tambahnya.

Waka Polres Lhokseumawe Kompol Raja Gunawan mengimbau kepada masyarakat, jika melihat adanya praktik pungli dan premanisme segera melaporkan kepada pihak kepolsian.

“Akan kita tindak tegas dan bagi yang masih melakukan pungli segera hentikan,” imbaunya. (AD)

Berita Lain: