Banjir Rendam Tujuh Kecamatan di Aceh Selatan, Dua Jembatan Rusak Parah

Petugas BPBD membantu evakuasi sepeda motor warga yang terjebak banjir di wilayah Kabupaten Aceh Selatan, Senin (6/7/2021). Foto: (BPBD Aceh Selatan).

AV-Aceh Selatan: Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh menyebabkan tujuh Kecamatan di wilayah tersebut terendam banjir. Selain itu dua unit jembatan ikut rusak.

Tujuh kecamatan tersebut masing-masing Kecamatan Labuhanhaji, Sawang, Meukek, Kota Bahagia, Kluet Tengah, Kluet Utara dan Kluet Selatan. Sementara dua jembatan yang mengalami rusak berat yaitu jembatan di Gampong Bate Mucanang, Labuhanhaji Barat dan jembatan Gampong Alue Simereah, Samadua.

Kapala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, Cut Syazalisma mengatakan, beberapa Kecamatan dan gampong terendam banjir akibat drainase tidak mampu menampung debit yang mengalir di wilayah gampong-gampong di Kecamatan tersebut.

“Genangan dengan ketinggian bervariasi antara 30 sampai 60 cm. Di beberapa Gampong tersebut dan membatasi akses jalan lintas di beberapa gampong,” ujarnya.

“Akibat dari kejadian banjir ini, Tim TRC Damkar-PB BPBD Kabupaten Aceh Selatan langsung turun ke lokasi dan melakukan penanganan awal di wilayah terdampak,” sambungnya.

Selain itu banjir juga menggenangi badan Jalan Nasional Tapaktuan – Medan, Gampong Kedai Runding, Kecamatan Kluet Selatan, Aceh Selatan mengakibatkan akses transportasi lumpuh total.

Berdasarkan amatan di lapangan, genangan air tidak dapat dilalui oleh kenderaan roda maupun roda empat, sehingga pulahan kenderaan mulai menumpuk di daerah tersebut.

Adapun gampong yang terdampak banjir di Aceh Selatan diantaranya:

Kecamatan Labuhanhaji

  1. Padang Baru
  2. Lembah Baru
  3. Tengah Baru

Kecamatan Sawang

  1. Sikulat
  2. Mutiara
  3. Meuligo

Kecamatan Meukek

  1. Air Dingin

Kecamatan Kota Bahagia

  1. Beutong
  2. Ujong Gunong Rayeuk
  3. Ujong Gunong Cut

Kecamatan Kluet Tengah

  1. Jambo Papeun
  2. Jambo Teka
  3. Siurai-urai

Kecamatan Kluet Utara

  1. Keude Padang

Kecamatan Kluet Selatan

  1. Kedai Runding
  2. Ujong Pasir
  3. Kapeh
  4. Pulo Ie
  5. Pasie Merapat