Pelaku Usaha di Banda Aceh dan Aceh Besar Dilatih Administrasi Pembukuan

Ketua TP-PKK Aceh Dyah Erti Idawati, memberikan arahan saat membuka seminar Pembinaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Untuk Kelompok UP2K Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, di Wisma Permata Hati, Banda Aceh, Selasa (6/7/2021).Foto: (Humas Pemprov Aceh)

AV-Banda Aceh: Sebanyak 30 pelaku Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dari berbagai gampong di Banda Aceh dan Aceh Besar dilatih administrasi dan pembukuan oleh Pokja 2 PKK Aceh. Kegiatan pelatihan yang berlangsung selama tiga hari itu berlangsung di Wisma Permata Hati, Selasa (6/7/2021).

Ketua PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, saat membuka pelatihan itu, mengatakan, pembukuan keuangan menjadi hal paling penting dalam menjalankan usaha. Dengan demikian, setiap uang yang keluar atau pun masuk dalam setiap penjualan tercatat dengan baik, dalam bentuk cash flow yang akuntabel, sebagai sebuah upaya terwujudnya tertib administrasi keuangan.

“Di samping bagaimana menjual produk, penting juga mencatat setiap hasil jualan dalam bentuk pembukuan yang baik,” kata Dyah.

Dyah mengatakan, PKK Aceh senantiasa membina dan mendampingi para pelaku usaha, baik yang sifatnya UP2K maupun UMKM. Selain itu, PKK Aceh juga akan mengkoordinir jalur pemasaran dari produk UP2K serta UMKM.

Sementara itu, Ketua Panitia, Bawadi mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah melatih para pelaku usaha agar bisa merapikan administrasi pembukuan serta bagaimana trik untuk pengembangan produk. “Targetnya UP2K, dan produk lain bisa kita pasarkan mulai dari lokal hingga ke pusat,” kata Bawadi.

Bawadi melanjutkan, pihaknya juga merencanakan untuk melatih UP2K seluruh Aceh. Namun demikian, kegiatan serupa di luar daerah baru bisa dilakukan jika pandemi covid-19 telah berakhir. (*/RED)

Berita Lain: