Polres Langsa Bekuk Enam Komplotan Pencuri Motor

Barang bukti dan pelaku pencurian dihadirkan dalam konfrensi pers di Mapolres Kota Langsa, Rabu (7/7/2021) Foto: Mahyuddin

AV-Langsa: Polisi di Kota Langsa, Provinsi Aceh menangkap enam komplotan pencuri sepeda motor yang beraksi disejumlah lokasi. Dari pengungkapan kasus itu, polisi berhasil menyita 12 unit sepeda motor, hand phone dan uang tunai Rp 4 juta.

Penangkapan para pelaku berawal dari laporan masyarakat. Polisi yang melakukan penyamaran berhasil menangkap SUG alias Kucing, warga Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur yang merupakan pelaku utama.

Dari keterangan SUG, polisi kemudian meringkus lima pelaku lain, yang masing-masing bertindak sebagai perantara dan penadah atau penampung barang hasil curian.

Komplotan ini diketahui telah melakukan aksi pencurian sepeda motor sejak tahun 2018. Mereka mengaku telah menggasak 12 unit sepeda motor di Kota Langsa, Kabupaten Aceh Timur dan Aceh Tamiang.

“Didapati modus pelaku ini yang pertama dia mengincar rumah-rumah yang sering ditinggal atau kita bilang pemilik rumah tersebut sering berkerja di luar kota atau mungkin menghabiskan waktu di kebun, jadi rumah tersebut banyak kosong, sehingga menimbulkan niat dan kesempatan pelaku untuk membongkar rumah menggunakan sebilah alat pahat, ini gunanya untuk membongkar pintu rumah dan mengambil sepeda motor yang ada di dalam rumah,” kata Kasat Reskrim Polres Langsa, AKP Arief Sukmo Wibowo dalam keterangan pers di Mapolres Langsa, Rabu (7/7/2021).

Pelaku utama SUG diketahui menjual sepeda motor hasil curian melalui temannya berinisial ZA, RAH  dan KA, ketiganya bertindak sebagai perantara. Motor hasil curian itu kemudian ditampung oleh dua orang penadah,  berinisial HS warga Aceh Timur dan ABD, warga kabupaten Gayo Lues.

Pera pelaku akan disangkakan Pasal 363, Ayat 2, KUH Pidana dengan ancaman empat hingga 9 tahun kurungan penjara. (MC)

Berita Lain: