Cara Mendapatkan Siaran TV Digital, Tanpa Perlu Ganti Perangkat Televisi

Sumber; (siarandigital.kominfo.go.id)

Sejak 17 Agustus 2021, secara bertahap pemerintah akan menutup siaran TV analog dan mengganti ke siaran TV digital dengan kualitas video dan audio yang lebih jernih tanpa harus mengganti perangkat televisi Anda.

TV model lama, seperti model tabung, masih bisa digunakan untuk menonton siaran TV digital, asalkan dilengkapi dengan Set Top Box (STB) yang mampu menangkap sinyal DVB-T2.

Pantaun Acehvideo, di sejumlah marketplace online harga STB yang telah bersertifikat Kominfo dijual mulai dari harga Rp 170.000 hingga Rp500.000 sangat tergantung pada mereknya.

Dikutip laman siarandigitalkominfo.go.id, migrasi dari TV analog ke siaran digital akan dilakukan secara bertahap.

Tahap I, paling lambat 17 Agustus 2021, tahap II, paling lambat 31 Desember 2021, tahap III, paling lambat 31 Maret 2022, tahap IV, paling lambat 17 Agustus 2022 dan tahap V, paling lambat 2 November 2022.

Untuk tahap pertama wilayah yang akan dimatikan siaran TV analog meliputi, Provinsi Aceh (Kabupaten Aceh Besar, Kota Banda Aceh), Kepulauan Riau ( Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kota Batam dan Kota Tanjung Pinang), Banten (Kabupaten Serang, Kota Cilegon dan Kota Serang), Kalimantan Timur (Kabupaten Kutai, Kartanegara, Kota Samarinda dan Kota Bontang), Kalimantan Utara ( Kabupaten Bulungan, Kota Tarakan dan Kabupaten Nunukan).

Namun, bagaimana cara Anda dapat mengakses siaran analog ke siaran digital tersebut?

Anda dapat menggunakan set top box (STB) DVBT2. STB merupakan alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa.

STB bisa dibeli di toko elektronik di daerah Anda atau di situs jual beli online dengan harga yang bervariasi. Untuk memasang perangkat STB sangat mudah. Anda cukup memasukkan kabel konektor untuk audio dan video (AV) ke port yang tersedia di pesawat televisi  (TV model lama)

Jika Anda menggunakan TV model LED atau LCD, cukup masukkan kabel audio dan video (AV) di port yang berada di samping atau belakang televisi.

Cara migrasi TV analog ke siaran TV digital

– Pastikan di daerah anda sudah terdapat siaran televisi digital

– Gunakan antena rumah biasa, yaitu antena UHF atau antena dalam rumah

– Pastikan perangkat TV anda sudah dilengkapi penerima siaran digital DVB-T2

– Jika televisi hanya bisa menerima siaran analog pasang set top box (STB)

– Setelah perangkat televisi tersambung pilih opsi pengaturan / setting

– Pilih auto -scan untuk memindai program siaran TV digital

– Tunggu hingga perangkat berhasil mencari sinyal siaran TV digital sampai selesai.

– Untuk tipe dekorder / set-top-box tertentu pengguna akan diminta memasukan kode pos wilayahnya.

– Setelah pencarian sinyal sudah selesai, Anda bisa langsung memilih opsi “Simpan”.

– TV analog Anda akan menampilkan siaran TV digital secara otomatis.

Sumber: (siarandigital.kominfo.go.id)

Perlu diketahui juga, untuk tetap bisa menikmati siaran TV digital dengan menggunakan STB, TV analog Anda harus selalu berada dalam mode AV.

Dalam masa peralihan ke siaran televisi digital, masyarakat tetap bisa untuk menonton siaran televisi analog namun sangat dianjurkan untuk mulai merubah tangkapan sinyal antena di rumah dari siaran analog ke digital. (HM)