Foto Dok.Acehvideo
Foto Dok.Acehvideo

AV-Banda Aceh: Dampak kebakaran yang menyebabkan listrik padam di sejumlah wilayah kabupaten/kota di Aceh masih terus berlanjut, Selasa (19/1). Kondisi ini akan berlangsung hingga empat hari kedepan.

Kepala Humas PLN Aceh, Sayed Mukaram mengatakan pemadaman listrik itu berawal dari kebakaran PT Canang Indah di Binjai, Sumatera Utara Minggu lalu, (17/1). “Akibat kebakaran itu, ada beberapa kabel konduktor 150 KV yang putus dan sudah diganti. Tapi sayangnya tak berfungsi dengan baik sehingga mengakibatkan beberapa mesin pendukung seperti Nagan Raya 1 dan Pangkalan Susu 1 dan 2 rusak,” katanya

Menurutnya, ada instrumen yang jebol sehingga mengakibatkan mesin drop dan tidak mampu menyuplai beban secara normal sekitar 400 Megawatt untuk wilayah Aceh. ÔÇťAkibat mesin drop tersebut, kita belum bisa menampung 40 megawatt atau 10 persen dari total 400 megawatt yang menjadi beban normal,” sebutnya.

PLN akan terus memperbaiki kerusakan mesin pendukung di Nagan Raya 1 dan Pangkalan Susu 1 dan 2 guna mengoptimalkan aliran listrik di Aceh. “Perbaikan masih terus dilakukan dan perkiraan listrik kembali normal selama 4 hari ke depan,” pungkasnya. (Ferdian)